5 Jenis CCTV yang ada di pasaran

Monday, March 7th 2016.

Dalam membeli perangkat CCTV anda harus jeli, jangan sampai salah dalam membeli karena jenis-jenis CCTV yang beredar di pasaran ada bermacam-macam. Pilihlah CCTV yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anda. Namun secara garis besar CCTV itu secara sistemnya dibagi menjadi 2 varian. Yaitu jenis CCTV Analog dan IP Camera, sedangkan jika dilihat dari bentuk fisik CCTV serta kegunaannya dikenal beberapa jenis CCTV yang mempunyai spesifikasi dan fitur yang berbeda.

1. PTZ Camera

ptz camera cctv

PTZ merupakan singkatan dari PAN TILT ZOOM, Pan adalah kemampuan kamera untuk bergerak ke kanan maupun ke kiri, Tilt adalah kempuan kamera untuk bergerak ke bawah maupun ke atas, sedangkan Zoom adalah kemampuan kamera untuk memperbesar gambar hingga beberapa kali lipat, sehingga jenis kamera ini lebih difungsikan untuk memantau wilayah yang luas hanya dengan satu kamera saja. Selain itu jenis kamera ini  mempunyai keunggulan dapat berputar secara otomatis maupun secara manual dengan digerakan melalui controller.

2. Dome Camera

dome camera cctv

Jenis kamera ini bentuknya seperti kubah atau yang dalam bahasa inggris disebut dome, jenis kamera dome ini bertujuan supaya arah dari kamera tidak terlihat atau tersembunyi. Tipe Kamera dome ini ada 2 jenis, jenis pertama adalah tipe fix camera yakni kamera cctv yang hanya mengarah ke 1 arah saja, sedangkan jenis kedua adalah speed dome yakni jenis dome kamera yang mampu berputar dengan cepat. Untuk harga, dome kamera jenis speed dome relatif lebih mahal dibandingkan dengan jenis fix camera.

3. Bullet Camera

bullet camera cctv

Jenis CCTV ini harus memenuhi standard yang salah satunya adalah tahan air. Jenis Bullet Camera ini bisa digunakan dalam ruangan (indoor cam) maupun diluar ruangan (outdoor cam). Bullet camera ini bisa dipasang pada dinding maupun langit-langit, kamera jenis ini tidak dirancang untuk bisa digerakkan sehingga masuk kategori fix camera yang bertujuan menangkap gambar dari area yang tetap.

Mungkin Anda Tertarik ?   Sistem CCTV Online

4. IP Camera / Network Camera

IP Camera CCTV

Kamera jenis ini baik yang dipasang dengan kabel maupun wireless dapat dipasang dengan mudah. IP Camera rata-rata mempunyai resolusi gambar yang tinggi dibandingkan dengan cctv analog, jarak antara kamera dengan switch tidak boleh melebihi 100 meter untuk mendapatkan kualitas yang bagus dengan media kabel utp.

Kelebihan IP Camera :

a. Resolusi gambar yang lebih tinggi daripada cctv analog

b. Gampang dalam instalasi karena camera bisa langsung colok ke switch / hub terdekat

Kekurangan IP Camera :

a. Karena resolusi camera yang tinggi maka berimbas pada kapasitas hardisk juga harus diperbesar.

b. Harga IP Camera lebih mahal dibandingkan dengan camera CCTV analog

c. Membutuhkan alat tambahan untuk penguat penerima sinyal (jika lokasi yang jauh atau banyak hambatan)

d. Setting konfigurasinya lumayan ribet jika memasang IP Camera dalam jumlah yang banyak

 

5. Outdoor Camera

outdoor camera cctv

Kamera jenis ini difokuskan supaya kamera mampu bertahan di segala kondisi cuaca, sehingga material untuk outdoor camera ini sangat kuat dan baik, anti air dan kedap udara sehingga mengantisipasi masuknya air dan debu. Salah satu syarat outdoor camera adalah  sudah weatherproof (IP66 / IP67) dan dilengkapi Pelindung utk menahan sinar matahari maupun air hujan.