Panduan dalam memilih Camera CCTV

Monday, March 7th 2016.

area cctv

Dalam memilih Camera CCTV ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, dibawah ini ada sedikit panduan dalam memilih camera CCTV yang bisa anda jadikan sedikit tambahan referensi jika akan memasang CCTV baik untuk perkantoran, ruko, sekolah maupun untuk rumah hunian anda.

1. Sesuaikan keperluan CCTV anda dengan budget/dana yang ada.

Jika budget yang disediakan minim, maka pilihan CCTV bisa jatuh ke CCTV model Analog yang ber TVL lebih rendah, namun jika budget yang disediakan cukup besar, anda bisa memilih CCTV Camera yang ber TVL lebih tinggi, terlebih anda memilih yang sudah branded/ bermerek.

Dibawah ini adalah standard kualitas / resolusi gambar yang bisa anda gunakan sebagai perbandingan :
1/4″ CMOS/CCD  Standard Image Quality – 380-420 TVL
1/3″ CMOS/CCD – High Image Quality – 480-520 TVL
1/3″ CMOS/CCD – Very High Image Quality – 540-600 TVL
1/3″ CMOS/CCD – Ultra High Image Quality – 650-700 TVL

Jika ukuran TVL Semakin besar maka hasil gambar yang dihasilkan semakin baik dan tajam. Secara singkat kualitas atau resolusi gambar pada camera CCTV lebih unggul dibandingkan dengan resolusi pada alat rekam / DVR, yang pada akhirnya hasil rekam akan sangat dipengaruhi dari DVR tersebut.

1/4″ CMOS/CCD lebih rendah nilai resolusi gambarnya dibandingkan dengan 1/3″ CMOS/CCD, hal ini dikarenakan lebar bidang sensor 1/3″ CMOS/CCD yang lebih besar sehingga mempengaruhi hasil gambar yang dihasilkan, lebih tajam dan lebih baik namun juga lebih mahal.

Namun seiring berjalannya waktu, kita sulit membedakan atau membandingkan mana yang lebih bagus antara merk ini atau merk itu. Karena perkembangan kedua chipset CMOS dan CCD semakin berkembang pesat untuk bersaing dalam kualitas. Sehingga kini untuk membedakan bukan dari jenis chipsetnya (CMOS/CCD) namun melalui ukuran chipsetnya (1/4″ atau 1/3″) dan TVLnya. Terlebih ada beberapa vendor yang tidak menyertakan besaran TVL namun hanya menyediakan keterangan High Resolution atau Super High Resolution saja. Karena banyaknya pilihan model CCTV yang ada dipasaran maka ini bisa disesuaikan dengan budget yang disediakan saja.

Mungkin Anda Tertarik ?   Pengenalan Kabel Coaxial

 

2. Pastikan keperluan CCTV anda mau dipasang untuk indoor ataupun untuk outdoor

Jika pemakaian CCTV untuk diluar ruangan/ outdoor. Pilihlah jenis camera CCTV yang khusus untuk outdoor juga, camera CCTV Outdoor ini lebih mampu mereduksi cahaya matahari dan jumlah LED Infrarednya umumnya lebih banyak bila dibandingkan dengan camera CCTV yang bertype indoor. Camera outdoor umumnya sudah waterproof yakni dengan disematkan label IP66/IP67 serta sudah dilengkapi pelindung untuk menahan sinar matahari maupun air hujan.

Jika pemakaian CCTV untuk indoor/ ruangan maka pilihannya banyak sekali karena sebagian besar jenis CCTV yang beredar dipasaran digunakan untuk camera indoor.

Sesuaikanlah bentuk fisik camera CCTV yang diinginkan dengan penempatannya. Baik yang dipasang di plafon, tembok/ dinding maupun yang disembunyikan/ disamarkan.

Kebanyakan indoor camera juga sudah dilengkapi dengan Infrared yang berguna jika keadaan ruangan gelap. Namun jika area ruang yang dicover cukup terang setiap saat, maka anda bisa memilih camera indoor yang tanpa Inframerah.

Jenis indoor camera yang berbentuk dome hanya khusus dipasang pada plafon/langit-langit dan tidak bisa digabungkan dengan rotator, hal ini dikarenakan tidak tersedianya dudukan untuk rotator. Namun jika anda menghendaki indoor camera yang bertype dome namun dapat berputar, anda bisa memilih tipe camera Pan Tilt Dome Camera. Sedangkan type selain dome camera bisa bebas dalam penempatannya, dapat dipasang pada plafon, tembok, juga bisa dipasangi rotator.

Pemilihan camera berdimensi kecil unggul jika penempatannya ingin disembunyikan, namun camera berdimensi besar juga mempunyai keunggulan yaitu kamera terlihat jelas sehingga membuat nyali seseorang yang akan melakukan kejahatan menjadi was-was karena area tersebut sudah tercover CCTV Camera.

Mungkin Anda Tertarik ?   Sistem CCTV Online

 

note : Setiap Camera CCTV mempunyai karakteristik yang berbeda-beda, serta mempunyai kekurangan dan kelebihan sendiri-sendiri, silahkan anda pilih sesuai kebutuhan.