Serba-serbi DVR CCTV

Saturday, April 2nd 2016.

Pengertian DVR  atau ( Digital Video Recorder ) ini adalah alat untuk memonitor dan merekam obyek gambar yang  nampak oleh kamera CCTV, DVR dapat menampilkan dan merekam 4-8-9-16 kamera sekaligus secara bersamaan maupun bergantian (moving). Alat yang bernama DVR ini menggunakan hard disk sebagai media penyimpan data dari hasil rekaman.

Hasil rekamannya akan disimpan ke dalam hard disk tsb, dengan kompresi file rekam yang kecil namun berkualitas tinggi. Metode perekaman juga dapat diatur berdasarkan waktu atau berdasarkan sensor gerak. Sebagai contoh, jika Anda menggunakan DVR dengan kapasitas hard disk minmal 250 Gb, kompresi real time sampai 10 hari.

Tapi dapat juga di atur untuk merekam sampai dengan satu bulan, tapi hasil rekamannya kurang baik. Jadi bila Anda ingin merekam satu bulan secara real time dalam waktu satu bulan, Anda harus menggunakan kapasitas hard disk minimal 1 Terabyte. Alat ini juga berfungsi sebagai quad processor, yang dapat menampilkan hasil real-time dari 4 – 8 – 9 – 16 kamera CCTV sekaligus dalam 1 layar. Alat ini dapat disambungkan langsung ke televisi (tv) untuk melihat tampilan gambarnya melalui AV 1 atau AV 2 yang tersdia di televisi Anda. Hasil rekamannya juga dapat langsung diputar menggunakan alat ini. Terdapat slot RJ-45 untuk disambungkan ke router / hub / switch agar bisa melakukan remote viewing melalui komputer yang terhubung ke jaringan internet dan juga bisa dilakukan untuk lokal area network (LAN) kebeberapa komputer di dalam area kantor atau area lainnya.

Dimasa sekarang ini, kebanyakan alat perekam ( DVR) sudah di lengkapi denga VGA out, jadi dapat kita gunakan secara langsung ke monitor komputer tanpa harus menggunakan PC komputer serta  port HDMI.

DVR Dibedakan menjadi 2 menurut jenisnya yaitu :

1. DVR Stand Alone
Perekam ini termasuk kategori DVR yang mudah dalam penggunaan dan tidak memerlukan alat penunjang. Alat ini akan langsung merekam (pada umumnya dalam format hard disk drive) hasil kamera yang dihubungkan ke dalam perangkat ini.Tersedia pilihan jumlah channel atau kamera yang bisa dipasang dalam,pada umumnya mulai dari 4, 8 dan 16 kamera.
Seiring perkembangan teknologi, pada saat ini sudah tersedia DVR yang mengadopsi teknologi network via fast ethernet sehingga memungkinkan pengguna CCTV melakukan pemantauan melalui jaringan internet, baik komputer maupun handphone.
Terdapat juga DVR dengan spesifikasi tertentu yang memungkinkan pengguna untuk melakukan back up data rekaman dalam format USB flash disk.
2. DVR PC Card
DVR Card memiliki fungsi sama sebagai perekam, hanya jenis ini memerlukan perangkat penunjang yaitu unit PC (Personal Computer).Alat ini akan dipasang dan menjadi bagian dari unit PC yang akan dipakai.Seperti layaknya komputer,maka alat ini sudah memungkinkan pengguna untuk melakukan pemantauan melalui jaringan internet.Pada umumnya tersedia pilihan mulai dari 4, 8 atau 16 kamera.
Mungkin Anda Tertarik ?   Pricelist Paket CCTV Jogja Hikvision TurboHD 2019